Honor Operator Sekolah Pada Tahun 2017

By on January 5, 2016

Honor operator sekolah pada tahun 2017 yang tertuang pada Draft juknis BOS merupakan kabar baru untuk operator sekolah. Sepadan dengan tugas pokok operator yang semakin banyak. Operator sekolah berkesempatan mendapatkan “lebih” dari buah kerja kerasnya.

Pada draft BOS 2017, honor operator sekolah dasar maupun menengah memiliki persamaan. Pada draft BOS 2017 tersebut bisa kita ketahui, dikutip dari laman Kabar Guru sebagai berikut :

[DOWNLOAD] DRAFT BOS 2017

Honor operator Dapodikdasmen.  Kebijakan pembayaran honor untuk petugas pendataan di sekolah adalah sebagai berikut: Kegiatan pendataan Dapodikdasmen diusahakan untuk dikerjakan oleh tenaga administrasi yang ada di sekolah, sehingga sekolah tidak perlu menganggarkan biaya tambahan untuk pembayaran honor bulanan.

Apabila tidak ada tenaga administrasi yang berkompeten, sekolah dapat menugaskan tenaga operator lepas (outsourcing) yang dibayar sesuai dengan waktu pekerjaan (tidak dibayarkan honor rutin bulanan).

Standar honor operator Dapodikdasmen mengikuti standar biaya, atau ketentuan dan kewajaran yang berlaku di daerah sesuai dengan beban kerja.

Pada lampiran pertama disebutkan, bahwa pembayaran honor operator disesuaikan dengan tugas pokoknya. Yaitu pendataan Dapodikdasmen, sehingga tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk honor bulanan. Honor disini seperti tahun sebelum-sebelumnya bisa diambil dari dana BOS, sehingga honor operator akan berbeda-beda dengan operator lainnya sesuai anggaran BOS tiap sekolah.

Dan pada lampiran ke dua diatas, disebutkan, jika tidak ada tenaga ahli untuk mengurus administrasi sekolah, pihak sekolah bisa mengambil tenaga kontrak atau outsourcing. Tentunya dengan bayaran atau honor mengikuti beban kerjanya. Bisa jadi operator sekolah lain, bisa merangkap di dua sekolah jika memang benar-benar sanggup dan memperoleh ijin.

Nah, itulah kabar honor operator sekolah pada tahun 2017 yang tertuang pada Draft BOS 2017. Apakah Anda kecewa? tentu jangan, ingat tugas pokok kita sebagai pembantu untuk mencerdaskan anak didik adalah tugas mulia. Masalah penghasilan akan mengikuti jika kita ikhlas.

Sebagai contoh sekelompok operator sekolah memiliki penghasilan yang tak kalah dari PNS. Itu karena semua mampu memanfaatkan kemampuan operator dan mengembangkan kesempatan. Dengan catatan TIDAK MELUPAKAN TUGAS POKOK OPERATOR. Anda mau?

About Captain Iwan

5 Comments

  1. MARUDUT LIMBONG,SPd

    November 2, 2016 at 12:22 pm

    Kapan OPS Sekolah ini memerima upah yang sitimapa, padahal beban kerja ya berat, walaupun ada guru yang menerima sertifikasi tidak memberikan uang segelas teh manis, padal kalau jam ya gak smpai 24 operator yang disalahkan, kiraya memteri pendidikan memperhatikan kami yang OPS ni.

  2. Ddxdd

    February 1, 2017 at 11:29 am

    Ya tetep gak ada hubungan sama kecerdasan anak gan..
    Operator ya hubungannya sama administrasi..

  3. Operator

    February 2, 2017 at 12:15 am

    Sebagai contoh sekelompok operator sekolah memiliki penghasilan yang tak kalah dari PNS.

    Yakin???
    Palingan operatornya ngerangkap ini itu.. plus punya sampingan ini itu..

  4. viktorius mboi

    March 10, 2017 at 6:59 pm

    apakah operator sekolah bisa di angkat menjadi pns

  5. meri

    April 21, 2017 at 5:36 am

    Harap bisa perhatikan nasib kami OPS….mungkin bisa diangkat jadi PNS….kami hanya bisa berharap sj,mudah-mudahan kementerian bisa memperhatikan kami yg katanya manusia yg suka begadang ni….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *