Dapodik Aja Sudah Minta Maaf Lahir Bathin Duluan! Kok Kamu Belum?

By on June 30, 2016

Ada sedikit hal menarik dalam dunia pendataan baru-baru ini. Terutama pada sebuah aplikasi yang sering teman-teman operator sekolah gunakan. Ya aplikasi dapodik yang biasa kita gunakan muncul beberapa slogan setelah kita baru selesai sinkronisasi.

Bukan tanpa alasan pemberian slogan itu pada tampilan aplikasi dapodik. Mengingat ini waktu yang sangat tepat, menjelang hari yang fitri, admin dapodik yang telah bekerja keras, lebih dulu mengucapkan permintaan maaf sebesar-besarnya, se’tulus hati lahir bathin kepada semua pengguna aplikasi ini.

Berikut Screen Shot yang isa Anda lihat:

dapodik

 

Sungguh suatu pemandangan yang menarik untuk dilihat, walaupun cuma sebatas tulisan, apalagi hanya secuil tulisan setelah sinkronisasin, tidak pada halaman utama aplikasi dapodik.

Kenapa hal ini menjadi menarik?? kita simak dan coba renungkan?

Selama ini kita berkutat pada dapodik pastinya merasakan seperti ini:

== >> Marah.

Marah karena kadang kala tidak bisa sinkron, aplikasi error, dan lain sebagainya.

== >> Curiga/Su’uzhon

Kita pasti pernah, walaupun tidak semuanya termasuk saya sendiri, menaruh curiga dan sikap acuh pada aplikasi ini. [Pasti kita berpikir, kalau kita hanya menjadi “pesuruhan” admin dapodik pusat yang tentunya bayaran mereka sangat besar.

==>> Dan lain sebagainya…

Lihat? apa yang sudah kita lakukan tanpa sadar! kita kadang berbuat dosa juga telah melakukan hal diatas. Padahal degan adanya dapodik, justru “honor” pengelola pendataan terutama yang dulu sebagai guru kelas honorer semakin bertambah. Kenapa? karena kita tidak sadar mendapatkan?

==>> Uang Pengelolaan Dapodik (sesuai juknis BOS)

==>> Uang lembur (biasanya sekolah tertentu yang menerapkannya)

==>> Pecingan/angpaw/uang lelah/uang terima kasih dari guru sertifikasi.

Walaupun secara list diatas tidak seluruhnya merata pada ops-ops, tapi setidaknya itu menjadi gambaran tentang bagaimana menjadi Operator sekolah yang patut disyukuri. Tim dapodik sudah bersusah payah memperbaharui selalu aplikasi dapodik untuk kenyamanan dan kemudahan kepada kita sebagai Ops, sepatutnya kita memberi apresiasi pada orang-orang ini.

Tim dapodik pusat yang selama ini kita “maki-maki” mungkin, ber su’uzhon kepada mereka, sudah meminta maaf lahir bathin menjelang hari yang fitri terlebih dahulu. Anda kapan?

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *