Tugas Operator Sekolah Di Tahun 2016

By on January 5, 2016
Tugas operator sekolah pada tahun 2016 mungkin bisa dibilang akan lebih ringan dari tahun sebelumnya. Tanggung jawab operator sekolah, entah itu tugas operator sekolah dasar maupun tugas operator sekolah SMP akan mengalami siklus perubahan yang cukup signifikan. Perubahan dari fungsi operator sekolah itu sendiri atau pun honor operator sekolah.
Fungsi atau tugas operator sekolah menurut wacana pada Draft Informasi Kebijakan BOS SD dan SMP Tahun 2016 mengisyaratkan, bahwa operator sekolah merupakan tenaga khusus. Khusus untuk pendataan DAPODIKDASMEN bukan untuk pekerjaan lain secara umum. Namun secara nalar dan pengertian, operator sekolah juga berkewajiban membantu tugas guru. Tugas guru yang dimaksud adalah kelengkapan pembelajaran yang bisa di ambil di Internet.
Tugas operator sekolah pada tahun 2016 selanjutnya mungkin akan berkutat pada pembuatan NUPTK 2016. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan ini mungkin menjadi akan “buruan” bagi pendidik maupun operator sekolah itu sendiri. Dan kabar gembira, pembuatan NUPTK pada tahun 2016 sudah dicanangkan oleh PDSP. Dan bagi operator sekolah memiliki kesempatan mendapatkan nomor itu juga.
Baca : Cara mendapatkan NUPTK 2016 untuk Operator Sekolah DISINI
Dapodikdas yang masuk versi 4.0.3 sekarang, merupakan tugas pokok operator yang sebenarnya. Namun banyak diantara mengalami kendala saat memperbarui dari versi sebelumnya, dikarenakan telat dalam menerima informasi. Kebanyakan dari mereka tidak bisa login, nah bagi Anda yang mengalami juga bisa Anda lihat disini.
Operator sekolah memang memiliki tugas penting, tidak dapat dipungkiri bagaimana jika operator tersebut melepas jabatannya alias mengundurkan diri. Operator baru mungkin akan kelimpungan dan kebingungan, karena memang tugas operator sekolah saling berkaitan antara tahun-tahun sebelumnya. Maka dari itu hendaknya operator lama, tidak asal mengundurkan diri secara mendadak. Perlu saran sebagai berikut :
  1. Memberikan arahan tugas pokok pada operator baru, minimal beberapa minggu sebelum mengundurkan diri.
  2. Memberikan akses apa saja yang biasa dilakukan operator lama.
  3. Dan jangan lupa untuk memperbarui data operator sekolah di SDM-PDSPK.
Nah itulah tugas pokok operator sekolah yang kemungkinan akan dijalani. Entah itu lebih berat maupun ringan, hendaknya operator sekolah tetap semangat membantu mencerdaskan anak bangsa.

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *