Langkah-langkah Mendaftar Program SM-3T Tahun 2016

By on June 16, 2016

Anda benar-benar ingin mengabdi pada dunia pendidikan? salah satu caranya adalah dengan mengikuti program SM-3T. SM-3T adalah Program Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM3T) yakni program pengiriman guru ke berbagai pelosok negeri.

Penjelasan mudah mengenai SM-3T merupakan penempatan sarjana-sarjana untuk mendidik di daerah yang jauh disana, yakni yang tergolong terluar, terdepan dan daerah yang masih tertinggal. Biasa di katakan pula ini program relawan, namun juga memiliki beberapa keuntungan yakini bisa diangkat menjadi status PNS dengan cepat.

Informasi yang terkait mengenai program SM-3T ini bisa Anda simak seperti berikut. Akan dibuka rekrutmen, seleksi dan penempatan calon Guru SM-3T Pendidikan Menengah oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendaftaran dimulai  6 Juni 2016 pukul 07:00 WIB – 4 Juli 2016 pukul 23:59 WIB.

Syarat untuk mengikuti program ini sudah ditentukan oleh pihak-pihak kemendikbud dengan mempertimbangkan segala aspek yang dibutuhkan. Untuk melihat persyaratan’nya Anda bisa lihat surat resmi persyaratan’nya dibawah:

—>> Download Surat Persyaratan Pendaftaran Program SM-3T

Beberapa program yang dibutuhkan pada perekrutan SM-3T 2016 ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi peluang untuk bisa mengikuti dan lolos seleksi sangatlah terbuka lebar. Berikut 28 program studi yang terbuka untuk Anda. Silakan download lampiran’nya dibawah:

— >> Lampiran Program Studi SM-3t 2016

Jadwal pendaftaran dan penempatan bagi peserta/calon peserta SM-3T sudah keluar, beberapa tidak bisa saya tuliskan karena terbatas tempat. Silakan download saja dibawah:

—>> Jadwal dan Penempatan Peserta SM-3T

Setelah Anda mengetahui beberapa poin penting diatas, sekarang bagaimana cara mendaftarnya? silakan ikuti langkah-langkahnya dibawah:

  • Buka situsnya –>>> DISINI
  • Klik salah satu gambar untuk melanjutkan kode keamanan
  • Klik pendaftaran Online

  • Setelah itu, pilih wilayah perguruan tinggi negeri Anda dulu belajar.
  • Klik nama perguruan tinggi Anda. (ada pada layar sebelah kanan Anda)
  • Klik program studi pada bagian bawah. (ada yang tersedia ada juga yang tidak)
  • Isi formulir pendaftaran

  • Silakan isi poin per poin, saya tidak bisa menjelaskan lagi karena ini menyangkut data pribadi.
  • Semoga sukses

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba pengalaman menimba ilmu mengembangkan mengajar di daerah terdepan, terluar dan tertinggal wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *