Contoh Soal TPA (Tes Potensi Akademik) SMA/Umum

By on August 19, 2017

Contoh soal TPA atau tes potensi akademik ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang saat ini akan mengikuti apapun itu. Tes potensi akademik yang merupakan tes verbal untuk mengukur kecepatan anda dalam berpikir dan kegesitan mental dalam kata dan bahasa. Bukan hanya contoh soal saja, kami juga akan membagikan sebuah aplikasi tes potensi akademik untuk Anda.

Contoh Soal TPA dan Aplikasi Khusus TPA

Ada beberapa pilihan yang kami berikan untuk contoh soal TPA ini. Yakni, soal TPA online dan sebagainya. Adapun juga kami mempersiapkan soal TPA pdf untuk Anda juga dibawah. Jadi sangat lengkap dan beruntung sekali Anda membuka blog ini untuk mempelajari tes potensi akademik. Siap untuk mempelajari tes potensi akademik? mari silakan lihat dibawah;

[LIHAT] TPA Online >> DISINI

[DOWNLOAD] TPA Format Pdf >> DISINI

[COBA] Aplikasi TPA Otomatis >> DISINI

Apakah diantara Anda yang saat ini masih belum paham apa sih itu sebenarnya TPA (Tes Potensi Akademik)? seperti yang kita tahu,  kepanjangan dari TPA itu sendiri adalah Tes Potensi Akademik, Jadi TPA adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademik). Soal TPA terdiri dari tes verbal yang berfungsi untuk mengukur gesit tidaknya mental seseorang di bidang kata dan bahasa.

Menurut wikipedia, tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes kesamaan hubungan kata, tes pengelompokan kata, tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), serta tes logika cerita. Apakah tes ini penting? ya, sangat penting karena tes ini biasanya menjadi tes standar yang akan menjadi tolak ukur penerimaan karyawan oleh banyak perusahaan maupun instansi baik negeri dan swasta.

Seleksi dari penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS, penerimaan karyawan perusahaan swasta maupun pemerintah harus mengikuti tes ini. Adapun juga syarat untuk naik jabatan, penerimaan mahasiswa baru jenjang D3/S1 (SBMPTN) dan juga pascasarjana semuanya adalah contoh-contoh instansi yang menggunakan TPA sebagai syarat lulus.


Baca Juga!!

Tips Lolos Tes Soal Psikotes dan Contoh Soal!!


Karena TPA merupakan tes yang penting, maka dari itu kami menghimbau untuk adik-adik  harus banyak berlatih latihan-latihan contoh soal TPA seperti yang kakak bagian ini. Demikian artikel dari kami ini, semoga bermanfaat dan sukses dalam menjalani tes potensi akademik ini. Terima kasih..

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *