Bagaimana Cara Menjadi Guru Idaman Siswa Agar Betah Belajar Berhari-hari?

By on September 17, 2016

Suka tidak suka, guru adalah ujung tombak moral sebuah bangsa yang patut kita apresiasi keberadaan’nya. Walaupun nasib guru saat ini, antara guru PNS dan guru honorer bagaikan langit dan bumi jika melihat upahnya (fakta). Namun sudahlah, disini tidak meributkan soal honor, tapi bagaimana kita sebagai guru berlomba-lomba agar menjadi guru idaman siswa.

Cantik, muda dan menarik tidak menjadi jaminan Anda sebagai guru menjadi idaman siswa-siswi Anda. Walaupun cantik dan muda kadang menjadi “nilai plus” untuk menjadi guru idaman, terutama berlaku jika Anda mengajar di SMK otomotip.

Bagaimana kalau jelek, tua dan tidak menarik? apakah masih bisa menjadi guru idaman siswa? Buat Anda yang mengalami kondisi demikian jangan panik. Anda masih bisa menjadi guru idaman, tentunya dengan cara-cara yang berbeda.

Sebuah penelitian membuktikan, menjadi guru idaman tidak harus cantik, muda dan pintar saja, namun bisa dengan melakukan hal berikut:

Percaya Diri
Kriteria menjadi guru idaman yang pertama ini merupakan persoalan yang paling urgen. Sebagian besar guru dalam mengajar mempunyai sifat kurang percaya diri. Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan diri ini, bisa saja guru kurang menguasai materi, gerogi, dan sebagainya. Maka dari itu percaya diri sangat penting agar menjadi guru idaman siswa. Banyak cara agar anda percaya diri, anda dapat melakukan cara seperti berbicara jelas dan lantang  ketika mengajar, menatap (kontak) mata siswa, menjawab pertanyaan dengan benar, dan lain-lain.

Ramah dan Selalu Riang
Kriteria yang kedua agar menjadi guru idaman siswa adalah selalu ramah terhadap siswa dan selalu riang. Banyak cara agar anda mempunyai kriteria ini, seperti menyapa siswa, murah senyum, memulai pembicaraan, memancing pertanyaan, menceritakan sesuatu yang unik dan lucu, memancing pertanyaan, dan tanggap terhadap komentar siswa.

Kreatif dan Menarik
Kriteria yang ketiga adalah kreatif dan menarik dalam mengajar. Siapa yang tidak jengkel jika seorang guru mengajar dengan cara monoton, setiap hari cara mengajarnya sama dan tidak ada kreatifitas yang lain. Maka kriteria ini juga sangat penting bagi guru. Seorang guru harus menguasai metode-metode dalam mengajar sehingga mampu melakukan eksperimen agar pembelajaran menarik. Selain itu anda juga dapat mengunakan teknologi pengajaran terbaru untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pengajaran, menggunakan contoh yang relevan, agar siswa merasa senang dengan anda.

Klik next untuk selanjutnya ==>> Next

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *