Apa Maksud Pendataan Operator Yang Merangkap Guru di Dapodik V.2016?

By on July 31, 2016

Bulan Juli, tepatnya tanggal 30 Juli 2016 menjadi detik-detik lahirnya “tugas pokok” operator sekolah. Aplikasi yang lama-laman ditunggu kedatangannya, tak ayal juga yang tidak menginginkannya. Itulah aplikasi dapodik, aplikasi yang digadang-gadang sebagai  pendataan satu pintu di dunia pendidikan khususnya naungan kemendikbud.

Seperti yang sudah diungkapkan di awal, aplikasi ini banyak yang sudah menunggu kedatangannya dengan suka cita, informasi demi informasi mereka gali tentang aplikasi terbaru yang akan keluar. Namun tak menampik juga banyak yang malas/kurang semangat karena seperti yang kita tahu aplikasi dapodik “memakan” energi yang cukup banyak.

Tapi sebagai operator sekolah, mau tidak mau, suka tidak suka, dapodik adalah tugas pokok. Semua harus dikerjakan tepat waktu dan secara mendetail karena ini menyangkut sekolah dan “penghuni” sekolah yaitu peserta didik dan pendidik dan tenaga kependidikan yang lain.

Bicara honor, operator sekolah memang belum bisa dikatakan sejahtera. Walaupun banyak juga daerah-daerah yang sedikit memperhatikan. Walaupun hanya sebatas “uang sabun” namun itu semua patut di apresiasi. Informasi mengenai honor-honor operator sekolah, Anda bisa baca dibawah:

==>> Insentif Operator Sekolah di Permendikbud No. 79

Pada dapodik yang baru ini, yaitu dapodik V.2016 ada salah satu hal yang menarik untuk di perhatikan. Saat Anda menuju TABEL PENGGUNA, disana Anda di suruh untuk mendata jabatan Anda. Maksudnya, disana di data, apakah Anda operator sekolah yang merangkap sebagai guru kelas atau tidak. Apa tujuannya?

LIHAT TABEL PENGGUNA DISINI

Untuk saat ini belum diketahui apa dari tujuan pendataan tersebut. Apa hanya untuk mendata operator sekolah yang murni sebagai ops atau ada hal lain semisal tunjangan khusus bagi Anda yang menjabat ops dan guru, seperti yang diutarakan salah satu pihak dapodik beberapa waktu lalu, bisa Anda baca dibawah.

Pertimbangan Ops Merangkap Guru Mendapatkan Tunjangan

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *