Cara Cek Nilai Akreditasi Sekolah di BAN-SM

By on February 6, 2017

Cara cek nilai akreditasi sekolah, bagaimana caranya? cara mudah cek nilai hasil akreditasi sekolah di BAN-SM (Badan Akreditasi Nasional-Sekolah/Madrasah) bisa kita lakukan dengan mengikuti tahap demi tahap yang akan kami sampaikan berikut ini.

Cara Cek Nilai Akreditasi Sekolah itu Mudah!!

Pengecekan nilai akreditasi sekolah sangat perlu dilakukan. Mengingat, nilai tersebut biasanya diperlukan saat update data sekolah di berbagai pendataan online semisal Dapodik. Maka dari itu, Anda sebagai Kepala Sekolah, Guru maupun Operator Sekolah wajib mengetahui cara mengecek hasil akreditasi sekolah masing-masing.

>> Langsung saja, kita mulai langkah-langkah mudah cek nilai akreditasi sekolah berikut;

>> Kunjungi http://bansm.or.id/sekolah/sudah_akreditasi/1

>> Pilih Propinsi > Pilih wilayah Kab/KOta > Pilih Tipe Sekolah atau Madrasah > Pilih Status Sekolah > Pilih Nilai > kemudian Klik Tampilkan

>> Atau, langsung ketik nama sekolah di kolom pencarian, kemudian klik enter.

>> Pilih sekolah yang muncul maka akan terlihat data sekolah beserta data akreditasi tahun berapa dan standar standar nilai akreditasi sekolah.

Baca juga, cara cek seperti;

Akreditasi sekolah merupakan pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang. Pemerintah melakukan akreditasi sekolah untuk menilai kelayakan program atau satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana dan terukur. Proses penilaian terhadap sekolah atau madrasah diselenggarakan oleh BAN-SM.

Instrumen penilaian akreditasi sekolah meliputi; Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi, Standar Pendidik, Standar Sarana, Standar Pengelolaan, Standar Biaya, dan Standar Nilai. Akreditasi sekolah bertujuan untuk menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dan memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah.

Hasil akreditasi berupa Sertifikat Akreditasi Sekolah dan Profil Sekolah, kekuatan dan kelemahan, dan rekomendasi. Sertifikat Akreditasi Sekolah adalah surat yang menyatakan pengakuan dan penghargaan terhadap sekolah atas status dan kelayakan sekolah melalui proses pengukuran dan penilaian kinerja sekolah terhadap komponen-komponen sekolah berdasarkan standar yang ditetapkan BAN-SM. (sumber: sekolahdasar.net)

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai cara cek hasil atau nilai akreditasi sekolah. Semoga bermanfaat untuk Anda dan nilai yang didapatkan saat akreditasi mampu menaikkan nilai kualitas sekolah Anda.

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *