Sebelum Download Dapodik G5 2016 Perhatikan Hal Berikut….

By on July 4, 2016

Tahun pelajaran baru mendekati detik-detik permulaan. Dan pastinya itu akan terjadi sedikit perubahan dalam satuan pendidikan Anda. Entah itu mengenai berkas, tugas mengajar, sistem kurikulum bagi yang ter’dampak maupun aplikasi pendataan sekolah, yang sebentar lagi akan Anda akan download dapodik G5 2016.

Poin penting pada awal download dapodik G5 terbaru

Sebelum kita beranjak ke beberapa poin penting mengenai dapodik G5 2016, alangkah baiknya Anda perlu menyiapkan berkas-berkas terbaru. Layaknya sebuah manajemen, setiap sekolah pastinya saat memasuki tahun awal akan diadakannya pembaharuan surat keputusan atau surat keterangan.

Yang dimaksud dengan pernyataan diatas adalah, Anda harus tahu beberapa berkas yang akan diperbaharui, semisal surat tugas GTT, SKBM maupun SK operator sekolah. Maka dari itu, kami sarankan Anda lihat contoh SKBM dan contoh SK ops yang benar dibawah:

==>> Format SKBM dan SK Ops Tahun Pelajaran 2016/2017

Dan tak kalah penting bagi Anda yang tahun pelajaran lalu masih menggunakan kurikulum KTSP 2006, akan ada penambahan daftar sekolah yang harus melaksanakan kurikulum 2016 di tahun ini. Anda bisa cek sekolah Anda di verifikasi pusat. Caranya bisa Anda lihat dibawah:

==>> Cara Melihat Sekolah Pengguna Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2016/2017

Dan berikut beberapa poin yang harus Anda perhatikan sebelum download Dapodik G5 2016. Diantara lain adalah sebagai berikut:

  1. Siswa lulusan 2015/ 2016, harus segera diluluskan jika sudah ada aplikasi terbaru dirilis.
  2. Update Dapodik Generasi 5 segera diluncurkan pertengahan Juli 2016 saat masuk sekolah
  3. IJAZAH SISWA LULUSAN 2015/ 2016 harus discan guna arsip sekolah
  4. SKHUN SISWA LULUSAN 2015/ 2016 harus di scan guna arsip sekolah
  5. Sekolah harus mempunyai arsip digital ijazah + SKHUN siswa lulusan 2015 sampai dengan selanjutnya.
  6. Segara sinkron Dapodik sebelum 30 Juni 2016, lihat keaktifan PTK, dan perbaikannya, karena Dapodik versi terbaru (G5) menggunakan prefill update dan terbaru.

==>> Cara Download Prefill Dapodik 2016 DISINI

Yang perlu Anda ketahui juga, kelahiran dapodik terbaru pastinya memberi dampak pada sistem pendidikan lainnya. Atau bisa kita sebut sebagai acuan, antara lain:

  • BOS
  • Tunjangan
  • Bantuan Siswa Miskin (BSM), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan kebijakan lainnya
  • Data Sarpras (rehabilitasi dan RKB)
  • Khusus poin 4 saat ini sedang dilakukan verifikasi dan Validasi tingkat kerusakan sarpras di sekolah berbasis data Dapodik. Tim Verifikasi akan datang ke sekolah untuk membuktikan antara data Dapodik dengan realita, apakah sesuai atau tidak? Hasil verifikasi tersebut dijadikan bahan pertimbangan pemberian bantuan Rehabilitasi & RKB dari Pemerintah Pusat.

== >> DOWNLOAD DAPODIK G5 2016 DISINI

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *